Halaman

Selasa, 04 Februari 2014

Aljabar Boolean

Aljabar Boolean merupakan aljabar yang berhubungan dengan variabel – variabel biner dan operasi – operasi logik yang bersifat biner preposisi/dalil logis (TRUE or FALSE) dan pelopornya adalah George Boole. Variabel – variabel diperlihatkan dengan huruf – huruf alfabet dan tiga operasi dasar dengan AND, OR dan NOT (komplemen).
Fungsi boolean terdiri dari variabel – variabel biner yang menunjukkan fungsi suatu tanda sama dengan dan suatu ekspresi aljabar yang dibentuk dengan menggunakan variabel – variabel biner, konstanta – konstanta 0 dan 1, simbol – simbol operasi logik dan tanda kurung.
Suatu fungsi boolean bisa dinyatakan dalam tabel kebenaran. Suatu tabel kebenaran untuk fungsi boolean merupakan daftar semua kombinasi angka – angka biner 0 dan 1 yang diberikan ke variabel – variabel biner dan daftar yang memperlihatkan nilai fungsi untuk masing – masing kombinasi biner.
Aljabar boolean mempunyai dua fungsi berbeda yang saling berhubungan dalam arti luas. Aljabar boolean berarti suatu jenis simbol – simbol yang ditemukan oleh George Boole untuk memanipulasi nilai – nilai kebenaran logika secara aljabar. Dalam hal ini aljabar boolean cocok untuk diaplikasikan dalam komputer. Disisi lain, aljabar boolean juga merupakan suatu struktur aljabar yang operasi – operasinya memenuhi aturan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar